Kenapa Xiaomi Mi A1 Disebut Android One?


Xiaomi a1
Kanal Xiaomi - Bulan September, Xiaomi secara resmi meluncurkan produk smartphone terbaru mereka Xiaomi Mi A1 tempatnya di India dan "Kenapa Xiaomi Mi A1 Disebut Android One?". Disebutkan jika Mi A1 adalah salah satu smartphone hasil kerjasama antara Xiaomi dengan Google dimana proyek ini ditampung dengan Android one.

Lalu sebenarnya apa itu yang dimaksud dengan Android One?


Sebagai tambahan informasi juga jika inisiatif hadirnya Android One ini pertama diluncurkan oleh Google dalam acara konferensi developer tahunan Google I/O tahun 2014 lalu. Saat itu, Google hanya membayangkan jika Android One adalah salah satu proyek yang akan membuat orang dalam jumlah banyak yang ada di seluruh dunia akan mendapatkan smartphone murah namun tetap berkualitas dan yang terpenting adalah bisa tersambungkan dengan internet. Bisa dikatakan jika Android One sebenarnya bukanlah proyek untuk mengadakan ponsel murah dengan kualitas dibawah standar.

Baca Juga: Xiaomi Mi A1 resmi dengan stok Android One

Dalam kesempatan itu juga, Google menjelaskan jika mereka ingin seluruh orang yang ada di seantero dunia bisa terhubung dengan baik melalui dunia maya. Dan dalam pengumuman dan pemberitahuan yang mereka buat kala itu, Google juga mengatakan akan menghadiri sebuah smartphone dengan sistem Android One untuk mereka yang saat ini masih tinggal di kawasan dari negara sedang berkembang. Dan salah satu target utama mereka adalah India, kemudian mereka akan menyebarluaskan teknologi ini ke beberapa negara lain yang sedang berkembang dan termasuk juga adalah Indonesia.

[adsense_inner]

Kenapa Xiaomi Mi A1 Disebut Android One?


Sebenarnya saat menggarap project Android One ini, Google menggarap dengan mengkolaborasi beberapa vendor yang anda dari lokal dari negara yang menjadi tujuannya dan pilihannya. Raksasa internet ini juga memberikan layanan rancangan untuk hardware yang mereka butuhkan. Kemudian untuk vendor yang sudah dinyatakan bekerja sama hanya perlu membuat sesuai dengan konsep yang sudah diatur dan sudah diberikan.

Dan lahir saat tahun 2014 lalu, proyek dari Android One ini pertama kali ada di India. Pada saat ini, Google menggandeng beberapa tim kolaborasi diantaranya adalah Micromax, Karbonn dan Spice sebagai rekan yang akan membuat Android di India. Ketika Vendor asli vendor lokal dari negara ini. tujuan dari google menggunakan vendor lokal adalah untuk mempermudah akses dari smartphone yang nantinya akan digunakan oleh masyarakat dari negara tersebut. Untuk para vendor yang bekerja sama dengan google juga biasanya akan memberikan harga smartphone dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Untuk harga dari Android One yang ada di India saat itu adalah kisaran 1,2 juta rupiah. Dan selain memiliki harga yang murah, saat itu Google memang menjamin kemungkinan adanya pembaruan untuk perangkat lunak hingga saat digunakan di dalam google jaminan untuk upgrade akan lebih mudah karena bisa di update secara gratis. Namun ada syarat umum yang harus dipenuhi misalnya adalah menggunakan SIM dari operator yang sudah bekerjasama.

Kapan Android One Masuk Ke Indonesia?


Proyek Android ini sebenarnya juga sempat hadir di Indonesia. Ada tiga vendor lokal yang bekerjasama diantaranya adalah Mito, Nexian dan Evercross. Awal pembuatan mereka meluncurkan hasil produk dalam waktu yang bersamaan dengan spesifikasi yang juga setara. Akhirnya membuatnya kalah di pasaran karena saling bersaing. Namun kemudian project ini “mati suri” sebelum akhirnya Android One bekerja sama dengan Xiaomi Mi A1. Kali ini Google melakukan perubahan bekerjasama dengan Xiaomi dengan tujuan menjangkau pasar negara bekembang. Hasil kerjasama ini akhirnya menghadirkan perangkat baru untuk Android One yang dianggap memiliki strategi yang lebih pas dan keduanya sebenarnya memiliki visi dan misi yang sama. Dan akhirnya Xiaomi Mi A1 secara resmi diperkenalkan di India September lalu. Dengan prinsip menjual smartphone murah namun dengan kualitas smartphone terbaik.

Tags: , , , , , , ,

Tidak ada komentar